Mengapa Mesin New CB150R Jadi Square? Ternyata Ada Hubungannya Dengan Calon New CB190R Bro !

Posted: August 9, 2015 in Uncategorized

Selamat malam bro & sis sekalian, mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa Next CB150R bermesin square (bore x stroke mendekati sama). Bahkan bagi speed freak mungkin akan kecewa karena stroke jadi begitu panjang sehingga gak bisa lepas limiter lebih tinggi karena akan melampaui batas aman mesin.

image

Tapi perlu diketahui bahwa upgrade performa bukan sebatas menambah limit rpm menggunakan piggy back maupun ecu stand alone (racing). Ada cara lain seperti yang sudah terkenal diranah permotoran, yaitu bore up atau menambah diameter silinder sehingga kapasitas (cc) mesin bertambah, otomatis power juga bertambah (tentu dengan racikan yang tepat). CC tambah, tambah boros dong? Ya, tapi apa bedanya dengan setting limiter menjadi high rpm? sama & bahkan bisa lebih boros dari bore up, bore up bisa dapat power lebih di rpm lebih rendah apalagi didukung stroke yang panjang pada New CB ini.

image

Editan amatir hp jadul bro 😀

Terus apa hubungannya dengan CB190R ? CB190R, kabarnya sih sosok naked bike ini akan produksi perdana di Thailand (entah kapan), & kemungkinan besar akan masuk Indonesia sebagai pengganti Tiger. Pasar 200cc memang lagi sepi karena Tiger telah Preman Pensiun. Nah dengan kapasitasnya yang +-190cc ini disinyalir panjang stroke gak akan kurang atau lebih dari panjang stroke New CB150R (57,8mm) atau bisa dikatakan akan sama (ngarep mode on) tentunya dengan bore lebih besar. Untuk teknologi buka tutup klep disinyalir kuat mirip, yaitu DOHC with roller rocker arm, joss. Dengan stroke yang sama tentu dapat dengan mudah mencangkok piston bahkan blok silinder CB190 ke CB150 ini. Tau kisah antara Vixion & Mx135 lalu R3 & R25 kan? Sekarang memang jamannya kayak gitu. Apakah Honda akan mengikuti trend ini? Kalau bisa, why not?

CB190R

image

CB190R

Engine CB190R sebagai sembako modif CB150R, Apa gak bikin nyengir sendiri? haha
Gimana bro?
Bye!

Posted from WordPress for Android

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s